Manunggaling Swara Tumataning Praja

Pemerintah Desa Sered

Desa Sered

Kecamatan Madukara, Kabupaten Banjarnegara
Provinsi Jawa Tengah
Kec. Madukara, Kab. Banjarnegara
Provinsi Jawa Tengah

Jl. Ponpes As-adiyah Km1   085292328254   53482  
pemdessered@gmail.com    https://sered-banjarnegara.desa.id

Manunggaling Swara Tumataning Praja
auto auto auto auto auto auto auto auto auto auto
  Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Desa Sered, Kecamatan Madukara, Kabupaten Banjarnegara, Provinsi Jawa Tengah.     Silahkan tinggalkan pesan/komentar pada bagian bawah artikel yang kami sajikan.     Terimakasih atas kunjungan anda.  
Arsip Artikel Peta Desa Status IDM Status SDGs Lapak Desa Pembangunan Pengaduan        
  • YUANITA DYAH RATNAWATI

    Kepala Desa

    Belum Rekam Kehadiran
  • YUGO BUDI SAPUTRO, S.SOS.I

    Sekretaris Desa

    Belum Rekam Kehadiran
  • PARSO

    Kaur Keuangan

    Belum Rekam Kehadiran
  • MISTAM

    Kaur Perencanaan

    Belum Rekam Kehadiran
  • ARIF BUDIAWAN

    Kaur TU & Umum

    Belum Rekam Kehadiran
  • ALIMAN

    Kasi Pemerintahan

    Belum Rekam Kehadiran
  • GIONO

    Kasi Kesejahteraan

    Belum Rekam Kehadiran
  • JAMAN

    Kasi Pelayanan

    Belum Rekam Kehadiran
  • SUYITNO

    Kepala Dusun I

    Belum Rekam Kehadiran
  • SYARIF HIDAYATULOH

    Kepala Dusun II

    Hadir di Kantor Desa

Scan LinkBrowser



Scan APK

 

Pemerintah Desa Sered Maksimalkan Administrasi Desa Dengan SID

19 Nov 2019 12:24:32 1.605 Kali

SERED – Salah satu rencana kegiatan untuk meningkatkan mutu dan kualitas layanan administrasi desa khususnya untuk Desa Sered Kecamatan Madukara, Kabupaten Banjarnegara untuk Tahun Anggaran 2020 adalah dengan pemanfaatan Aplikasi Sistem Informasi Desa dengan tugas pokok dan fungsi masing-masing perangkat desa. Sebenarnya pola kerja ini sudah mulai dilaksanakan tahun 2018 tetapi masih kurang sesuai dengan fungsi masing-masing jabatannya.

Sebagaimana telah direncanakan bahwa pada Rancangan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) Tahun Anggaran 2020 terdapat pos kegiatan belanja 1 (satu) unit Komputer PC (Personal Computer) untuk server aplikasi OpenSID offline, sebagai pendamping OpenSID online (Website Desa), serta untuk menunjang entry data siak yang link nya sudah terpasang pada widget Sinergitas Program pada Website OpenSID Desa.

Spec komputer server yang akan dianggarakan sebagai berikut:

  1. Central Proccessing Unit  - CPU) : Proccessor intel Core i7
  2. Random Access Memory - RAM : 8 Giga Byite
  3. Storage - Harddisk Drive : HDD 1 Tera Byite

 

Sistem kerja Server OpenSID offline tersebut tidak berbeda dengan OpenSID online yang saat ini telah ada, tetapi dengan adanya server ini, akses aplikasi akan lebih cepat karena menggunakan jaringan lokal yang terhubung melalui wifi.  Pemetaan tugas pun telah dibuat oleh Yugo Budi Saputro, S.Sos (Sekretaris Desa Sered), yang kemudian dirumuskan model sistem jaringannya oleh Admin Website Desa Sered (Parso).

Pemetaan tugasnya yaitu :

  1. Admin 1 (Kaur Perencanaan) bertugas untuk  update berita, edit kontent, edit menu, sub menu, artikel, pemetaan wilayah desa, wilayah rw dan rt pada menu pemetaan desa dan update versi untuk OpenSID online dan offline, serta menyamakan konten antara keduanya. Tugas lain Admin 1 adalah membantu Admin 2 dalam memberi pengarahan dan penjelasan tata cara pengerjaan pada masing-masing user;
  2. Admin 2 (Sekretaris Desa) bertugas memantau dan monitoring pekerjaan masing –masing user, serta memberikan pengarahan terkait tata cara pengoperasian masing-masing menu OpenSID;
  3. User 1 (Kasi Pemerintahan) bertugas entry data kependudukan (lahir, mati, datang, pergi), cetak Laporan Perkembangan Penduduk Bulanan, Entry data Produk Hukum Desa (Perdes, Keputusan Kepala Desa), Entry data Pertanahan;
  4. User 2 (Kasi Pelayanan) bertugas Entry Data Pelayanan Umum khususnya surat-menyurat, cetak laporan surat masuk, surat keluar, serta membantu User 3 dalam pendataan penduduk miskin;
  5. User 3 (Kasi Kesejahteraan) bertugas entry data penduduk miskin (BDT, PKH, non PKH), Analisis Kemiskinan, Penerima Bantuan RTLH, data penerima jamkesos, dan lain sebagainya;
  6. User 4 (Kaur Umum dan Tata Usaha) bertugas entry data Inventaris Desa untuk per jenis barang, mesin dan bangunan, Mencetak Kartu Inventaris Ruangan, Mencetak Nomor Register Barang, serta membuat laporan inventaris desa.
  7. User 5 (Kaur Keuangan) bertugas import data keuangan dari Siskeudes ke Opensid, dan atau membuat laporan pendapatan, belanja, pembiayaan per semester.

 

Perbedaan OpenSID Online dan Offline :

Sebagaimana pada fungsi dasarnya bawha SID atau OpenSID dapat diakses dalam 2 (dua) ranah yaitu Online dan Offline dengan satu tujuan utamanya yaitu untuk membantu administrasi pemerintah desa dalam pengelolaan data dan layanan publik (masyarakat).

  1. OpenSID Online : Aplikasi Sistem Informasi Desa yang diinstall pada housting dengan domain resmi DESA.ID sesuai dengan Perbup Nomor 31 Tahun 2015 tentang Registrasi Domain Resmi Perangkat Daerah Dan Desa Dilingkungan Kabupaten Banjarnegara. Bagian luar dari aplikasi online ini dapat diakses oleh masyarakat desa secara luas dalam bentuk Website Desa, sedangkan bagian dalamnya berupa sebuah aplikasi Sistem Informasi Desa, secara lengkap yang mencakup seluruh tugas pokok administrasi Pemerintah Desa. Akses OpenSID online ini membutuhkan jaringan internet, kecepatan akses tergantung kecepatan jaringan internet yang ada.
  2. OpenSID Offline : Aplikasi Sistem Informasi Desa yang diinstall pada Komputer Server Desa dengan akses localhost, dan dapat diakses oleh lebih dari 10 komputer lain didesa dengan jarak maksimal 100 meter. OpenSID Offline ini tidak membutuhkan jaringan internet, dan mode penyambungannya menggunakan wifi router kantor desa. Kelebihan jaringan lokal ini tidak memerlukan internet dan kekurangannya adalah hanya dapat diakses di lokasi kantor desa. Akses OpenSID offline ini jauh lebih cepat dibandingkan dengan OpenSID Online.

 

Dari kedua mode diatas baik online maupun offline fungsi kerjanya sama, yaitu hasil kerja (entry data) masing-masing user akan terkumpul menjadi satu di server, sehingga dapat dipergunakan bersama oleh seluruh aparatur desa. Untuk OpenSID Online seluruh data, konten dan fiturnya akan selalu disamakan dengan OpenSID Offline oleh Admin1 selaku pemegang kuasa atas Domain dan Housting Website Desa, setiap 1 (satu) minggu sekali.

 

Untuk entry data lainnya yang ada pada menu sistem OpenSID, selain yang dikerjakan oleh masing-masing user, selengkapnya dikerjakan bersama oleh Admin 1 dan Admin 2.

business
Kirim Komentar

Untuk artikel ini

person
stay_current_portrait
mail
chat

message Komentar Terkini

  • person Hernita Hapsari

    date_range 29 Juni 2022 03:40:29

    Website desanya bagus Bapak, saya tertarik untuk menerapkannya [...]
  • person Efori Halawa

    date_range 26 Juni 2022 17:57:50

    Semoga cepat terwujud penerbitan NIPD, salah satu kenyamanan [...]
  • person sidobatik

    date_range 03 Maret 2022 08:44:22

    Mantap informasi yang diberikan di portal ini. Semoga [...]
  • person Admin

    date_range 02 Maret 2022 00:34:44

    Terimakasih Bung Syafrianto dari Desa Cigelam, Purwakarta, [...]
  • person Syafri

    date_range 24 Februari 2022 20:53:04

    SERED makin mantaaaab .... dari mulai bloger menjadi [...]
  • person Rosa Amelia

    date_range 01 Februari 2022 15:50:21

    Wah sungguh mengharukan sekali apa yang dilakukan oleh [...]
  • person Neken

    date_range 10 November 2021 11:15:22

    Bos gimana cara membuat batas wilayah/Desa yang akurat [...]
  • person M.Alfaridzi fathir faidi

    date_range 11 Oktober 2021 07:58:29

    Saya mau mengetahui nipd di smp 26 bandar lampung kelas 9c [...]
  • person Ewaldus De Rosari Bansele

    date_range 13 September 2021 20:07:03

    Diharapakan segera diterapkan di setiap wilayah NKRI [...]
  • person Maswan

    date_range 31 Agustus 2021 18:22:48

    Semoga ini bisa terwujud [...]
Alamat : Jl. Ponpes As-adiyah Km1
Desa : Sered
Kecamatan : Madukara
Kabupaten : Banjarnegara
Kodepos : 53482
Kd.Wil Adm. : 33.04.08.2010
Telepon : 085292328254
Email : pemdessered@gmail.com

assessment Statistik Desa

folder Arsip Artikel