Manunggaling Swara Tumataning Praja

Pemerintah Desa Sered

Desa Sered

Kecamatan Madukara, Kabupaten Banjarnegara
Provinsi Jawa Tengah
Kec. Madukara, Kab. Banjarnegara
Provinsi Jawa Tengah

Jl. Ponpes As-adiyah Km1   085000000000   53482  
pemdessered@gmail.com    https://sered-banjarnegara.desa.id

Manunggaling Swara Tumataning Praja
auto auto auto auto auto auto auto auto auto auto
  Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Desa Sered, Kecamatan Madukara, Kabupaten Banjarnegara, Provinsi Jawa Tengah.     Silahkan tinggalkan pesan/komentar pada bagian bawah artikel yang kami sajikan.     Terimakasih atas kunjungan anda.  
Arsip Artikel Peta Desa Status IDM Status SDGs Lapak Desa Pembangunan Pengaduan        
  • YUANITA DYAH RATNAWATI, S.PD

    Kepala Desa

    Belum Rekam Kehadiran
  • YUGO BUDI SAPUTRO, S.SOS.I

    Sekretaris Desa

    Belum Rekam Kehadiran
  • PARSO

    Kaur Keuangan

    Belum Rekam Kehadiran
  • MISTAM

    Kaur Perencanaan

    Belum Rekam Kehadiran
  • ARIF BUDIAWAN, SE

    Kaur TU & Umum

    Belum Rekam Kehadiran
  • ALIMAN

    Kasi Pemerintahan

    Belum Rekam Kehadiran
  • GIONO

    Kasi Kesejahteraan

    Belum Rekam Kehadiran
  • JAMAN

    Kasi Pelayanan

    Belum Rekam Kehadiran
  • SUYITNO

    Kepala Dusun I

    Belum Rekam Kehadiran
  • SYARIF HIDAYATULOH

    Kepala Dusun II

    Belum Rekam Kehadiran

Scan LinkBrowser



Scan APK

 
MP3 Player
00:00
00:00
Jam Kerja Kantor (Wib)
Senin
08:00:00 16:00:00
Selasa
08:00:00 16:00:00
Rabu
08:00:00 16:00:00
Kamis
08:00:00 16:00:00
Jumat
08:00:00 16:00:00
Sabtu
Libur
Minggu
Libur

Visi Misi Kepala Desa Sered

24 Des 2021 10:48:28 56.567 Kali

Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa atau yang disingkat RPJM Desa Sered Tahun 2021-2027 disusun dengan memperhatikan Visi Misi Kepala Desa, sebagai dasar dalam pelaksanaan pembangunan desa sered selama masa jabatan periode pertama 6 (enam) tahun. Adapun Visi dan Misinya sebagai berikut:


 

VISI DAN MISI

 

BAB I

PENDAHULUIAN

GAMBARAN UMUM DESA SERED

SERED merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan Madukara, Kabupaten Banjarnegara, Provinsi Jawa Tengah. Lokasi yang tidak jauh dari pusat kota Banjarnegara memudahkan Desa Sered untuk terus berkembang di bidang ekonomi. Ditambah sumber daya alam (SDA) yang mumpuni untuk terus dikembangkan. Mulai sektor pertanian, perternakan hingga perikanan.

Tidak hanya itu, sumber daya manusia (SDM) yang dimiliki Desa Sered juga tidak kalah mumpuninya. Baik dalam keagamaan, olahraga, maupun kesenian. Potensi SDM yang dimiliki di Desa Sered tidak diragukan lagi. Terbukti dengan prestasi yang telah diukir warga Desa Sered di dunia olahraga di tingkat nasional. Di sisi lain, saat ini semakin banyak anak di Desa Sered yang melanjutkan pendidikan sampai di tingkat perguruan tinggi.

Dilihat dari sosial budaya, masyarakat Desa Sered mayoritas beragama Islam. Sebagian besar masyarakat berprofesi sebagai petani, peternak dan pedagang. Dan sebaian kecil lagi sebagai Pegawai Negeri Sipil, karyawean dan buruh. Potensi masyarakat desa Sered juga sangat bagus untuk dikembangkandan dilestarikan hal ini dilihat masih kuatnya masyarakat terhadap aturan negara, agama dan adat budaya.

Beberapa program pemerintah di bidang pendidikan sudah mulai tumuh. Ini bisa dilihat dengan dibangunnya sekolah, baik yang formal maupun non formal. Perkembangan di bidang keagamaan di beberapa dusun sudah cukup maju, hal tersebut terlihat adanya Masjid, Mushola, Majelis Sholawat dan TPA, serta menjadi lokasi Pondok Pesantren.  Pada sektor pertanian, Desa Sered merupakan salah satu pusat pengemas hasil pertanian salak sebelum dikirim ke berbagai kota di Indonesia. Namun demikian, sektor peternakan dan perikanan Desa Sered ini juga cukup strategis untuk dikembangkan menjadi desa sentra peternakan karena memiliki lahan yang memadai. Hal ini didukung dengan sarana dan prasarana tranportasi yang baik.

Dari pemaparan tersebut, Desa SERED sebagai desa strategis memiliki dampak yang ditimbulkan sehingga perlu ditangani dengan serius. Mari kita bersama sama merapatkan barisan untuk bahu membahu membangun Desa SERED yang lebih baik.

 

 

BAB II

VISI DAN MISI

VISI:

“MEWUJUDKAN DESA SERED TRANSPARAN, NYAMAN, dan MANDIRI EKONOMI SEBAGAI KAWASAN PERTANIAN DAN PETERNAKAN TERPADU”

MISI :

  1. PELAKSANAAN PEMERINTAHAN DESA YANG TRANSPARAN, TERBUKA, RAMAH DAN NYAMAN.
  2. PELAKSANAAN PENGGUNAAN ANGGRAN YANG TEPAT SASARAN.
  3. MEMFASILITASI KEGIATAN-KEGIATAN KEAGAMAAN.
  4. MENGEDEPANKAN GOTONG ROYONG DAN MUSYAWARAH MUFAKAT DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI.
  5. MEMFASILITASI KEGIATAN-KEGIATAN EKONOMI KREATIF MASYARAKAT UNTUK MENINGKATKAN PERCEPATAN PEREKONOMIAN SEBAGAI DAMPAK PANDEMI COVID 19.
  6. MENINGKATKAN PRESTASI WARGA MASYARAKAT DENGAN MEMBERIKAN SUPORT KEPADA WARGA MASYARAKAT YANG BERPRESTASI.
  7. MENDORONG OPTIMALISASI BUMDES SEBAGAI WADAH MANUJU DESA MANDIRI.

 

 

 BAB III

PROGRAM KERJA

1. BIDANG PEMERINTAHAN

Pemerintahan Desa merupakan unit terkecil dari pemerintahan nasional, di mana permasalahan dimulai dari desa. Untuk itulah Pemerintahan desa harus jujur, profesional, amanah, ramah dan berwibawa dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat serta cepat dan tegas dalam mengambil keputusan.

Untuk menciptakan pemerintahan yang baik seperti diatas, perlu dilakukan beberapa hal, antara lain   ;

1.1. Peningkatan Kinerja Aparatur Pemerintahan Desa

Aparatur pemerintahan desa SERED perlu lebih dioptimalkan kinerjanya agar masing-masing bidang dapat berfungsi dengan baik dan melaksanakan tugas sesuai dengan tugas pokok dan fungsi masing-masing, sehingga tidak terjadi tumpang tindih tugas. Dengan demikian diharapkan Aparatur Desa akan mendapat kepercayaan dari masyarakat.

1.2. Transparansi Informasi Keuangan kepada Masyarakat

Untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada kepala desa maupun aparatur desa lainnya, segala keuangan yang dikelola oleh Pemerintah Desa harus disampaikan kepada masyarakat secara transparan dan terbuka. Transparansi keuangan yang dimaksud adalah di mana masyarakat harus mengetahui sumber-sumber keuangan yang didapat dengan pengalokasiannya minimal satu kali dalam setahun atas musyawarah masyarakat desa, serta membuat laporan kepada BPD.

1.3. Peningkatan Sinergisitas kinerja dengan BPD

Badan Permusyawaratan Desa (BPD) yang anggotanya merupakan tokoh / wakil masyarakat dan sebagai mitra sejajar Kepala Desa serta penampung aspirasi masyarakat harus selalu diajak musyawarah terutama menyangkut masalah-masalah strategis terhadap pembangunan di desa. Selain itu BPD juga diminta pendapat sesuai dengan tugas dan fungsinya.

1.4. Peningkatan Pelayanan Administrasi kepada Masyarakat yang cepat dan memuaskan

Pelayanan terhadap masyarakat perlu ditingkatkan sehingga masyarakat dengan mudah mendapat pelayanan sesuai dengan kebutuhan, dengan tidak menakut nakuti, mengintimidasi serta tidak membeda bedakan status dalam masyarakat. Sepanjang pelayanan yang dibutuhkan masyarakat tidak bertentangan dengan norma-norma dan hukum yang berlaku.

 

2. BIDANG PEMBANGUNAN

Pembangunan pada hakikatnya adalah mengadakan perubahan terhadap sesuatu dari yang tidak/kurang baik, menjadi lebih baik, dari yang tidak bermanfaat menjadi lebih bermanfaat, dan dari yang rusak menjadi lebih bagus.

Untuk itu perlu peningkatan peran serta masyarakat dalam perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan kinerja Pemerintah Desa.

Prioritas utama yang harus dilakukan oleh kepala desa dalam pembangunan desa adalah ;

2.1. Pembangunan akhlak

Pembangunan akhlak diarahkan untuk menjadikan manusia yang berakhlakul karimah. meningkatkan kualitas kehidupan sosial masyarakat yang agamis dan harmonis yang meliputi  :

  1. Peningkatan kualitas sarana, prasarana dan operasional lembaga pendidikan keagamaan;
  2. Peningkatan Kualitas iman dan Taqwa masyarakat melalui kegiatan pengajian, majelis Taklim dan lain lain;
  3. Peningkatan peran serta lembaga kemasyarakatan (PKK, Karang Taruna, LPMD, RT, RW dll) dalam pembangunan dan pemberdayaan masyarakat Desa;
  4. Peningkatan peran serta masyarakat dalam pemerintahan melalui Musyawarah Desa;
  5. Pengembangan Budaya masyarakat berdasarkan nilai nilai kearifan lokal;

2.2. Pembangunan fisik

2.3. Pembangunan sarana transportasi

Pembangunan sarana transportasi diarahkan untuk menjaga kestabilan perekonomian masyarakat yaitu dengan perkerasan jalan pokok dan jalan lintas persawahan.

2.4. Pembangunan sarana pendidikan non formal

Memberikan kepedulian yang lebih bagi para guru TPA dan TPQ

2.5. Pembangunan bidang olahraga

Memberikan pembinaan keolahragaan di desa dengan cara memberikan aset atau biaya untuk bisa dikelola oleh Karang Taruna desa, sehingga pengembangan potensi pada masing masing cabang olahraga dapat berjalan secara optimal.

 

3. BIDANG PERTANIAN

Sebagian besar penduduk desa SERED adalah hidup dari hasil pertanian, sehingga perlu perhatian khusus terhadap apa yang menjadi kendala para petani di desa, seperti sulitnya mendapatkan pupuk bersubsidi, sulitnya mendapatkan air di musim kemarau dan lain lain. Dengan demikian desa akan hadir memberikan solusi, sehingga diharapkan nantinya dapat meningkatkan kesejahteraan para petani desa.

Membangun perekonomian masyarakat dengan menggerakkan potensi desa dan didukung dengan infrastruktur yang memadai. Meliputi

  1. Pembentukan BUMDes berdasarkan potensi yang ada di desa;
  2. Peningkatan fasilitas bagi petani dan kelompok tani untuk mendapatkan akses terhadap sarana pertanian yang mudah;
  3. Peningkatan dan pemerataan pembangunan infrastruktur perdesaan

 

4. BIDANG SOSIAL DAN KEMASYARAKATAN

Meningkatkan Kualitas Hidup masyarakat melalui  :

  1. Peningkatan kualitas pelayanan kesehatan masyarakat melalui layanan POLINDES, Posyandu Balita dan Lansia, yaitu dengan mengadakan Pemeriksaan kesehatan masyarakat, pelayanan pemeriksaan ibu hamil dan lain lain.
  2. Peningkatan Kualitas dan fasilitas pelayanan Pendidikan Usia Dini bagi masyarakat;
  3. Fasilitasi pelayanan Pendidikan dasar dan lanjutan;
  4. Bantuan pendidikan dan layanan kesehatan bagi warga miskin dan tidak mampu;
  5. Bantuan kebutuhan hidup dan perumahan bagi warga miskin.

 

BAB IV

SASARAN YANG INGIN DICAPAI

 

  1. BIDANG PEMERINTAHAN
  1. Pemerintahan Desa menjalankan tugas dengan penuh tanggung jawab, transparan dan amanah.
  2. Pelayanan kepada masyarakat cepat, mudah dan ramah
  3. Tumbuhnya kepercayaan masyarakat kepada pemerintahan desa baik dalam bidang pelayanan maupun bidang keuangan.

 

  1. BIDANG PEMBANGUNAN
  1. Terbentuknya masyarakat yang berakhlak mulia
  2. Tersedianya sarana pendidikan TPA dan TPQ lebih maju dengan kedinamisan.
  3. Terwujudnya prestasi bidang olahraga dan kesenian desa di bawah kepemimpinan Karang Taruna desa dengan berbagai cabang olahraga.

 

  1. BIDANG PERTANIAN
  1. Berfungsinya kelompok tanidan ternak
  2. Terwujudnya kelompok tani dengan bersinergi yang baik dengan BUMDes.

 

  1. BIDANG SOSIAL DAN KEMASYARAKATAN
  1. Terwujudnya profesional kinerja PKK, Karang Taruna, LPMD, RT, RW
  2. Berfungsinya layanan POLINDES, Posyandu Balita dan Lansia.
  3. Terbentuknya BUMDes yang transparan.
  4. Meningkatnya Kesejahteraan bagi para pegiat Posyandu, PKK dan Pendidikan Usia Dini.

 

BAB V

PENUTUP

 

Dengan mengucap BISSMILLAHIRRAHMANNIRRAHIM semoga niat baik saya untuk mengabdi kepada desa Sered di ridhoi oleh ALLAH SWT

 

Aamiin . . . ..

 

Kepala Desa Sered

Ttd

YUANITA DYAH RATNAWATI, S.Pd

 

Unduh Visi Misi Kades

437.99 KB
cloud_download Unduh
business
Kirim Komentar

Untuk artikel ini

person
stay_current_portrait
mail
chat

message Komentar Terkini

  • person sidobatik

    date_range 03 Maret 2022 08:44:22

    Mantap informasi yang diberikan di portal ini. Semoga [...]
  • person Admin

    date_range 02 Maret 2022 00:34:44

    Terimakasih Bung Syafrianto dari Desa Cigelam, Purwakarta, [...]
  • person Syafri

    date_range 24 Februari 2022 20:53:04

    SERED makin mantaaaab .... dari mulai bloger menjadi [...]
  • person Rosa Amelia

    date_range 01 Februari 2022 15:50:21

    Wah sungguh mengharukan sekali apa yang dilakukan oleh [...]
  • person Neken

    date_range 10 November 2021 11:15:22

    Bos gimana cara membuat batas wilayah/Desa yang akurat [...]
  • person M.Alfaridzi fathir faidi

    date_range 11 Oktober 2021 07:58:29

    Saya mau mengetahui nipd di smp 26 bandar lampung kelas 9c [...]
  • person Ewaldus De Rosari Bansele

    date_range 13 September 2021 20:07:03

    Diharapakan segera diterapkan di setiap wilayah NKRI [...]
  • person Maswan

    date_range 31 Agustus 2021 18:22:48

    Semoga ini bisa terwujud [...]
  • person Admin

    date_range 30 Agustus 2021 01:25:03

    Jumlah seluruh Perangkat Desanya berapa pak, termasuk [...]
  • person Jeskial Mbado

    date_range 29 Agustus 2021 00:47:20

    Pak, minta file struktur organisasi desa dulu pak [...]
Alamat : Jl. Ponpes As-adiyah Km1
Desa : Sered
Kecamatan : Madukara
Kabupaten : Banjarnegara
Kodepos : 53482
Kd.Wil Adm. : 33.04.08.2010
Telepon : 085000000000
Email : pemdessered@gmail.com

assessment Statistik Desa

folder Arsip Artikel