| Info Terkini:
Video Pembukaan Akses Jalan Tembus Antar Dusun 22 Desember 2016 -- selengkapnya... ISHAQ LATIEF warga dusun ciledok Rt.001/Rw.004 mendapatkan hadiah utama "doorprize" Jalan Santai HUT RI Ke-47 Desa Sered berupa seekor kambing etawa -- selengkapnya...  

Kemendagri Siapkan Aturan NIPD Bagi Perangkat Desa

Parso 26 September 2019 01:13:42 Berita PPDI

SERED-BANJARNEGARA.DESA.ID - Dilansir dari laman Puskominfo PPDI Jakarta – Salah satu dasar dari tertib administrasi kepegawaian dari perangkat desa adalah penerbitan nomor induk bagi perangkat desa itu sendiri. Hal inilah yang menjadi salah satu topik bahasan manakala PP PPDI berkunjung ke Dirjen Bina Pemerintah Desa, Kamis (12/09/2019).

Sejumlah PP PPDI yang langsung dipimpin Ketua Umum Mujito, S.H diterima  Direktur Penataan dan Adminitrasi Desa Drs. Aferi Syamsidar, M.Si, menyampaikan bahwa penerbitan nomor induk perangkat desa (NIPD) ini merupakan salah satu usulan yang muncul pada saat Musyawarah Nasional PPDI di Magelang bulan Juli 2019.

Baca juga : Ketum PPDI Dorong Terbitnya NIPD Secara Nasional

“ Terkait dengan nomor induk ini Kemendagri sedang mempersiapkan rancangan pedomannya, dengan penyebutannya masing-masing, semisal NIPD atau NRPD,” ujar beliau.

“ Yang kami atur nanti adalah hal-hal yang terkandung dalam penomoran itu nanti, jadi secara singkat bisa diketahui yang bersangkutan diangkat tahun berapa, lahir tahun berapa, dan akan pensiun pada tahun berapa,” tandas Pak Feri sapaan akrab beliau. “ Diharapkan pada tahun 2020 nanti, penomoran ini sudah berjalan”.

Usulan terkait NIPD ini mengemuka sebagai salah satu usulan PPDI mengingat jabatan perangkat desa ini di beberapa wilayah merupakan jabatan yang rawan akan pemecatan. Seperti diketahui, banyak desa-desa yang Kepala Desanya dengan mudah merotasi bahkan memecat perangkat desa usai gelaran pilkades, dengan berbagai alasan dimana alasan beda pandangan politik begitu mendominasi alasan pemecatan tersebut.

Baca juga : NIPD Beri Rasa Aman Perangkat Desa

Di Indonesia sendiri sudah ada beberapa Kabupaten yang berinisiatif memberikan NIPD ini, seperti Serang, Cirebon, Tasikmalaya, Ponorogo dan beberapa wilayah diluar Jawa.

“ PPDI berharap dengan penerbitan NIPD ini memberikan rasa aman dan nyaman bagi perangkat desa, ini salah satu tujuan bagaimana PPDI secara organisasi mampu memberi peran nyata kepada anggotanya,” sambung Ketua Umum Mujito, S.H selepas kunjungan tersebut.

Sumber berita : http://puskominfo-ppdi.or.id/kemendagri-siapkan-aturan-nipd-bagi-perangkat-desa/

Komentar atas Kemendagri Siapkan Aturan NIPD Bagi Perangkat Desa

PARSO (Admin) 27 September 2019 18:51:30
Terimakasih Pak AMIRUDIN dan Pak EDI JAYA atas kunjungan anda ke Website Desa Sered. Semoga NIPD tersebut dapat segera terlaksana awal tahun 2020. Kami juga sudah mengirim balasan ke email anda.
AMIRUDIN 27 September 2019 12:25:16
Kami sangat setuju dengan adanya wacana aturan NIPD, sebab kami sebagai bagian struktur pemerintah paling bawah di republik ini dimana kami yang bersentuhan langsung dengan pelayanana masyarakat tapi status kepegawaian nya dipermain kan oleh aturan2 yg tidak jelas, bagaimana sebuah pemerintahan desa mau maju sedang roh pemerintahannya selalu diganti pada saat kepala desa nya ganti,,,,
Edi jaya 26 September 2019 05:49:53
Sangat baik,secepatnya di realisasikan

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image Ganti gambar
  Isikan kode sesuai gambar
 

Sinergitas Program

Aparatur Desa

SID Desa - Jateng

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Galeri Video



Peta Wilayah Desa Sered

Link Referensi

Lokasi Kantor Desa

Alamat Jl. Ponpes As'adiyah Km.1
Desa Sered
Kecamatan Madukara
Kabupaten Banjarnegara
Kodepos 53482
Telepon 085123456789
Email pemdessered@gmail.com

Komentar Terkini

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

SeredNews-Android