| Info Terkini:
Dalam rangka mencegah penyebaran COVID-19 Warga masyarakat Desa Sered dapat memanfaatkan === Layanan SURAT ONLINE Desa === Surat dapat dibuat secara... -- selengkapnya... Seluruh konten tentang COVID-19 akan ditutup di Website ini setelah Presiden RI menyatakan bahwa Pandemi Corona Virus Desease 19 di NKRI berakhir. Data Statistik terkait COVID-19 di Indonesia, Provinsi, Kabupaten dan Desa ditampilkan otomatis UpToDate dari sumber resminya. Mohon maaf setelah Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1441 H / 24 Mei 2020, Widget Jadwal Waktu Imsyak dan Buka Puasa kami non aktifkan.  

BUMDes Desa Sokaraja Banyumas Study Banding Ke Kebun Baraponik Dusun Ciledok

Parso | 26 Desember 2019 22:05:09 | Berita Desa | 265 Kali

SERED - Dusun Ciledok Desa Sered pada rabu (25/12) kedatangan rombongan BUMDesa Raja Kusuma dari Desa Sokaraja Kabupaten Banyumas. Kedatangan rombongan tersebut dalam rangka study banding agroteknologi pertanian di Kebun "Baraponik Group Banjarnegara" milik Aji Gondho Tri Wibowo, tepatnya di Rt.002/Rw.003 Dusun Ciledok Desa Sered Kecamatan Madukara Kabupaten Banjarnegara.

Gondho Aji Tri Wibowo (24)  atau yang sering disapa Aji, pemuda kreatif lulusan D3 Politeknik Banjarnegara jurusan Agroteknologi tersebut telah banyak membantu banyak pihak dalam pembuatan media tanam sayur-mayur sistem hidroponik yang saat ini sangat dibutuhkan masyarakat yang tidak mempunyai lahan luas sebagai media tanam. Beliau adalah putra bungsu dari Bapak Haryanto (Kepala Dusun Ciledok) yang dengan gigih menerapkan ilmu yang didapatnya dari Politeknik Banjarnegara untuk membantu masyarakat mengenal dan menerapkan Teknologi Tepat Guna (TTG) bidang pertanian sayur-mayur.

Aji bersama Direktur BUMDes Raja KusumaKiprahnya sebagai pegiat TTG agroteknologi tersebut membuatnya dikenal banyak orang, hingga sering diundang diberbagai daerah luar Banjarnegara untuk menjadi narasumber kegiatan pelatihan teknologi tepat guna. Hal inilah yang membuat Kepala Desa Sokraja Kabupaten Banyumas Asik Gesang Sugiarto bersama Direktur Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Raja Kusuma H. Sugeng Hartono memimpin rombongan yang beranggotakan para perangkat desa dan anggota BUMDes (25 orang) mengunjungi kebun hidroponik "Baraponik Group Banjarnegara" di Dusun Ciledok Rt.002/03 untuk mendapatkan penjelasan langsung tentang sistem hidroponik. Media tanam hidroponik tersebut menggunakan pipa paralon yang diberi lobang sebasar botol air minum mineral gelas dan didalamnya diberi semacam kapas sebagai media tanam pengganti tanah untuk dasar menempatkan benih sayuran yang sebelumnya telah diberi pupuk, sedangkan pengairannya melalui pipa paralon tersebut yang telah dihubungkan ke paralon lainnya tanpa putus, yang selanjutnya disambungkan ke mesin pemompa air. Air yang dipompa tersebut sebelumnya telah dicampur dengan pupuk cair.

Sebelumnya rombongan BumDes dari Kabupaten Banyumas tersebut harus rela berjalan kaki dari Desa Blitar menuju lokasi  yang berjarak 2 kilometer karena armada bus yang membawanya terlalu besar sehingga tidak dapat melanjutkan perjalanan, hingga akhirnya dijemput oleh Aji secara bergantian menggunakan super carry.

Informasi lebih lanjut mengenai hidroponik silakan hubungi saudara Aji Gondho Tri Wibowo via Whastapp +62 856-4167-7357

   
 
Mohon KLIK tombol SUKA dibawah ini
   
       

Bagikan atau Cetak artikel ini:

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP/ WA
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti kode ]
  Isikan kode sebagaimana di atas
 

Sinergitas Program

Aparatur Desa

Back Next

Wilayah Desa

Lokasi Kantor Desa


Kantor Desa

Foto : Kantor Desa Sered

 

DATA IDENTITAS Desa :

Nama Desa :  Sered
Kode Wilayah:  33.04.08.2010
Kordinat:  109.71045 BT | -7.369789 LS
Alamat:  Jl. Ponpes As'adiyah Km.1
Kecamatan:  Madukara
Kabupaten:  Banjarnegara
Propinsi:  Jawa Tengah
Kodepos:  53482
Telepon/HP:  085700157725
Email:  pemdessered@gmail.com

SID Desa - Jateng

Puskominfo PPDI

Galeri Video



Agenda

Link Referensi

Komentar Terkini

Info Media Sosial

Facebook Twitter Google Plus YouTube Instagram WhatsApp

Statistik Pengunjung

  • Online:2 user
    Hari ini:580 kali (org)
    Kemarin:837 kali (org)
    Total Pengunjung:130,468 kali (org)
    Sistem Operasi:Unknown
    IP Address:34.204.176.125
    Browser:Unknown

SeredNews-Android