Selamat Datang di Portal Website Desa Sered Kecamatan Madukara Kabupaten Banjarnegara.

Website Desa ini merupakan Media Informasi dan Transparansi Desa, sebagai bagian dari Sistem Informasi Desa

 

10+ Manfaat Daun Sirih untuk Tubuh dan Kesehatan

Parso (Administrator) 18 April 2018 11:27:09 Kesehatan

Daun sirih termasuk dalam familia Piperaceae atau pepper, berbentuk seperti hati, berwarna hijau agak mengkilap, dan rasanya menyerupai cengkeh. Sirih merupakan salah satu tanaman “abadi” karena dapat hidup untuk waktu yang lama. Nama latinnya adalah Piper betle. Di Indonesia sendiri, daun sirih umumnya juga dimanfaatkan sebagai obat tradisional yang sudah digunakan sejak berabad-abad lalu secara turun temurun.

Daun sirih tumbuh di beberapa negara di Asia, yaitu; India, Malaysia, Sri Lanka, dan Indonesia. Namun juga dapat ditemukan di Afrika dan Madagaskar. Di India daun sirih cukup banyak dimanfaatkan untuk kegiatan dan acara sehari-hari, seperti menyambut tamu, ritual keagamaan, dan sebagai ramuan obat tradisional.

Menurut University of Calcutta, daun sirih memiliki kemampuan untuk membunuh radikal bebas dan mencegah penuaan sel. Dan menurut penelitian Cancer Institute di Mumbai, tumbuhan sirih sebenarnya kurang baik untuk kesehatan–terutama biji dan batangnya–karena dapat menyebabkan kanker. Hanya daunnya sajalah yang aman, berkhasiat baik, dan bermanfaat untuk kesehatan.

Manfaat Daun Sirih

Daun sirih mengandung tannin, chavicol, phenyl, propane, sesquiterpene, cyneole, alkaloid, gula, dan minyak esensial. Khasiatnya pun banyak, di antaranya sebagai zat anti jamur, zat anti bakteri, bekerja seperti expectorant (obat batuk), dan termasuk makanan yang bisa meningkatkan gairah seksual. Umumnya cara mengonsumsi daun sirih adalah dengan mengunyahnya langsung atau diseduh menjadi teh.

Berikut ini adalah beberapa manfaat daun sirih untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui:

Mengobati Rasa Sakit & Nyeri
Daun sirih dapat digunakan untuk meringankan sakit pada kepala dan nyeri sendi. Air rebusan sirih yang dicampur dengan minyak kelapa juga bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan sakit punggung dengan cara dioleskan dan dipijat. Kandungan analgesic-nya membantu menghilangkan rasa sakit yang Anda rasakan.

Melancarkan Pencernaan
Di India, daun sirih digunakan sebagai obat tradisional untuk masalah pencernaan dan kembung/perut begah. Cara mengonsumsinya cukup gampang, hanya mengunyah satu helai daunnya saja yang sudah diberi sedikit garam.

Merangsang Produksi ASI
Beberapa ibu menyusui mengalami masalah pada payudaranya sehingga sedikit menghasilkan air susu ibu (ASI), daun sirih ternyata bisa merangsang payudara memproduksi susu dengan mengoleskan minyak esensial sirih dan daunnya ke payudara.

Mengobati Demam
Lagi-lagi cara ini datang dari India. Beberapa lembar daun sirih direbus, lalu diberi sedikit merica dan ginseng. Untuk dewasa, minum 2 sendok ramuan tersebut untuk mengobati demam. Sedangkan untuk anak-anak, 1 sendok saja sudah cukup. Selain itu, air sirih yang dicampur minyak kelapa juga bisa untuk dioleskan ke dada untuk melegakan sesak nafas ringan atau pilek.

Di Indonesia memiliki cara sendiri untuk membuat obat herbal untuk demam. Di sini daun sirih langsung dikonsumsi dengan cara dikunyah dan ditelan. Cara-cara ini cukup ampuh untuk menyembuhkan demam dan asma.

Mengobati Gatal-Gatal
Mandi dengan air rebusan daun sirih yang hangat dipercaya bisa mengobati kulit yang gatal, selain itu aromanya juga menyegarkan dan menenangkan.

Mencegah Kanker
Mengonsumsi 10-15 lembar daun sirih yang direbus dengan segelas air setiap hari bisa mengurangi kemungkinan Anda terserang kanker. Agar tidak terasa sepat, bisa ditambah madu.

Meningkatkan Fokus
Daun sirih bisa meningkatkan fokus dan mental. Zat dalam daun sirih membuat manusia lebih enerjik, dan membuat orang mengerjakan sesuatu lebih riang. Beberapa orang mengatakan mengonsumsi air daun sirih yang ditambah madu akan menghilangkan rasa gugup.

Penawar Racun
Jika Anda tergigit serangga atau hewan beracun ringan yang menyebabkan rasa gatal, panas, dan nyeri daun sirih dan lada hitam bisa menjadi salah satu pertolongan pertama yang diberikan jika tak ada obat-obatan yang tersedia. Selembar daun sirih diberi lada hitam di tengahnya, lalu dimakan.

Mengobati Luka Bakar
Pasta daun sirih bisa meringankan efek terbakar pada kulit. Cara membuat pastanya dengan menghaluskan daun sirih hingga halus lalu diberi madu, setelah itu oleskan ke kulit yang melepuh.

Menyembuhkan Batuk
Rebus daun sirih lalu tambahkan madu atau sedikit gula, minum selagi air masih hangat. Minum 2 kali sehari setiap hari. Selain itu bisa juga langsung dikunyah dan dimakan. Selain menyembuhkan batuk, cara ini juga bisa memulihkan tenaga yang hilang akibat kelelahan.

Menghilangkan Jerawat
Daun sirih bersifat antiseptik, yang berarti sangat baik untuk membunuh bakteri. Termasuk menghilangkan jerawat. Daun sirih yang sudah dihaluskan diberi sedikit air lalu dioleskan ke jerawat. Biarkan untuk beberapa menit sebelum dibilas. Air rebusan daun siri juga bisa dipakai untuk mandi dan cuci muka, sehingga wajah terhindar dari jerawat dan menyamarkan noda hitam. Langkah ini sebaiknya dilakukan 3 kali sehari.

Menghilangkan Bau
Meminum air rebusan daun sirih dipercaya orang Indonesia bisa menghilangkan bau badan dan bau mulut, secara umum telah dikenal sangat baik untuk menjaga kebersihan dan kesehatan daerah kewanitaan.

Selain diaplikasi secara langsung, banyak juga produk-produk kebersihan dan kesehatan yang menggunakan daun sirih sebagai bahan utamanya.

Sumber berita : https://www.webkesehatan.com/manfaat-daun-sirih/

 

 

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Sinergitas Program

Aparatur Desa ( SOTK )

Kepala Desa Kasi Pemerintahan Kasi Kesejahteraan Kasi Pelayanan Kaur Keuangan Kaur Perencanaan Kepala Dusun 1 Kepala Dusun 2

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Peta Desa

Galeri Video

Link Referensi

Komentar Terkini

Info Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlusYouTubeInstagram

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung